Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penting !!!

Sudah beberapa kali kirim lamaran via email namun belum pernah ada jawaban? 

Mungkin saja email yang kamu kirimkan masih ada kekurangan ataupun kesalahan di mata HRD. 

Berikut saya uraikan kesalahan-kesalahan dalam mengirimkan lamaran kerja melalui email :
  1. Menggunakan nama email yang tidak profesional. Misal indahimoet21@blabla.com;
  2. Subjek email tidak spesifik (tidak lengkap) atau bahkan kosong. Sebaiknya gunakan format (Posisi yang dilamar - Nama);
  3. Body email kosong;
  4. Body email tidak lengkap atau menggunakan kata-kata yang tidak profesional. 
Keempat kesalahan diatas harus kamu hindari jika tidak ingin email lamaran yang kamu kirimkan akan di skip oleh HRD. 

Sebagai salah satu usaha agar HRD bisa menjawab email lamaran kamu, kamu bisa memperbaikinya mulai dari sekarang. 

Berikut format body email yang bisa kamu gunakan jika ingin apply lamaran kerja melalui email. 



Catatan :
  1. Kamu tinggal mengganti tanda "..." dengan data diri kamu dan posisi yang dilamar, kamu juga bisa mengganti keahlian diatas dengan keahlian yang kamu miliki (Sesuai dengan kualifikasi)
  2. Lebih baik lagi jika format diatas kamu lampirkan ke dalam Bahasa Inggris supaya terlihat lebih profesional dan itu akan menjadi nilai plus buat kamu di mata HRD
  3. Pastikan berkas lamaran yang kamu kirimkan digabungkan menjadi satu file dalam format file PDF dengan ukuran maksimal 2 MB
  4. Harap memeriksa kembali penulisan dari surat lamaran, body email dll sebelum mengirimkan email, karena mungkin saja terdapat kesalahan yang mungkin terlihat biasa bagi kita tapi di nilai ceroboh oleh HRD
  5. Jangan lupa Bismillah. Semangat, semoga diterima kerja :)