Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lowongan Kerja PPNPN Otorita Ibu Kota Nusantara Tahun 2023

Lowongan Kerja PPNPN Otorita Ibu Kota Nusantara Tahun 2023 - Otorita Ibu Kota Nusantara adalah lembaga setingkat kementerian yang menyelenggarakan kegiatan persiapan, pembangunan, dan pemindahan Ibu Kota Negara, serta penyelenggara Pemerintahan Daerah Khusus Ibu Kota Nusantara. Dipimpin oleh seorang kepala otorita dengan dibantu oleh wakilnya yang ditunjuk oleh Presiden Indonesia dan merupakan anggota kabinet sebagai pejabat setingkat menteri. Terhitung mulai 10 Maret 2022, Presiden Joko Widodo menunjuk Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara dan Dhony Rahajoe sebagai wakilnya. 

Logo Lowongan Kerja PPNPN Otorita Ibu Kota Nusantara Tahun 2023
Lembaga ini efektif bekerja mulai dari akhir 2022, mulai 2023 kegiatan persiapan pembangunan Ibu Kota Negara yang sebelumnya dilaksanakan oleh kementerian/lembaga dapat dialihkan kepada Otorita Ibu Kota Nusantara. Berdasarkan undang-undang, Otorita Ibu Kota Nusantara memiliki status setingkat menteri dengan beberapa kewenangan khusus. Tidak seperti pemerintahan DKI Jakarta, pemerintahan IKN Nusantara bertanggungjawab langsung kepada Presiden dan hanya melakukan pemilihan umum untuk Presiden, DPR RI, dan DPD RI. (id.m.wikipedia.org) 



Lowongan Kerja PPNPN Otorita Ibu Kota Nusantara Tahun 2023


Mengutip informasi dari akun instagram resmi (@ikn_id) pada (17/02) bahwa saat ini, Otorita Ibu Kota Nusantara sedang membuka kesempatan berkarir bagi para putra putri generasi penerus bangsa yang memiliki semangat dan komitmen yang tinggi dalam bekerja serta memenuhi syarat untuk menempati 9 (Sembilan) bidang yang dibuka. Berikut informasi selengkapnya. 


Persyaratan Umum :
  • Warga Negara Indonesia (WNI);
  • Memiliki kualifikasi pendidikan paling rendah Sarjana (Strata 1) dari Perguruan Tinggi yang terakreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan persyaratan IPK minimal 3,0 (tiga koma nol) pada skala 4 dan Perguruan Tinggi yang terakreditasi Sangat Baik dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan persyaratan IPK minimal 3,2 (tiga koma dua) pada skala 4;
  • Berusia paling kurang 21 (dua puluh satu) tahun dan berusia maksimal 33 (tiga puluh tiga) tahun pada saat melamar;
  • Sehat jasmani dan rohani;
  • Berkelakuan baik;
  • Mempunyai pendidikan formal, kecakapan, keahlian, dan keterampilan sesuai dengan syarat lain yang diperlukan dalam jabatan;
  • Mampu mengoperasikan media teknologi informasi dan berbahasa Inggris secara lisan maupun tulisan yang dapat dibuktikan dengan sertifikasi dari institusi terakreditasi nasional;
  • Disiplin dan berintegritas;
  • Bersedia ditempatkan pada wilayah penyelenggaraan organisasi Otorita Ibu Kota Nusantara.

1. Sekretariat

  • Ilmu Ekonomi 
  • Manajemen Sumber Daya Manusia
  • Akuntansi
  • Ilmu Komunikasi 
  • Psikologi 
  • Teknik Informatika 
  • Ilmu Komputer
  • Ilmu Hukum
  • Administrasi Publik
  • Hubungan Internasional 

2. Unit Kerja Hukum dan Kepatuhan

  • Ilmu Hukum
  • Akuntansi

3. Deputi Bidang Perencanaan dan Pertanahan

  • Perencanaan Wilayah dan Kota
  • Teknik Arsitektur
  • Teknik Sipil
  • Teknik Lingkungan
  • Teknik Geologi
  • Ilmu Hukum
  • Ilmu Pertanahan
  • Manajemen
  • Teknik Informatika

4. Deputi Bidang Pengendalian Pembangunan

  • Teknik Industri 
  • Teknik Informatika 
  • Teknik Komputer
  • Perencanaan Wilayah dan Kota
  • Ilmu Hukum

5. Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat

  • Ilmu Hukum
  • Ilmu Komputer
  • Ilmu Administrasi
  • Ilmu Komunikasi
  • Psikologi
  • Pertanian
  • Sosiologi

6. Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital

  • Teknik Sipil
  • Teknik Informatika 
  • Teknik Elektro 
  • Teknik Arsitektur
  • Matematika
  • Geografi
  • Ilmu Komputer
  • Sistem Informasi 
  • Ilmu Hukum
  • Fisika 

7. Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam

  • Teknik Lingkungan
  • Teknik Sipil 
  • Agroteknologi
  • Manajemen
  • Pertanian
  • Silvikultur
  • Ilmu Hukum
  • Ilmu Kehutanan
  • Teknik Geologi
  • Teknik Pangan
  • Perencanaan Wilayah dan Kota
  • Ilmu Tanah
  • Geografi

8. Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi

  • Ilmu Hukum
  • Ilmu Ekonomi
  • Administrasi Bisnis
  • Teknik Lingkungan
  • Teknik Sipil
  • Akuntansi
  • Manajemen
  • Teknik Elektro
  • Akturia

9. Deputi Bidang Sarana dan Prasarana 

  • Ilmu Hukum
  • Teknik Lingkungan 
  • Perencanaan Wilayah dan Kota
  • Administrasi Publik
  • Teknik Arsitektur
  • Teknik Sipil
  • Teknik Elektro
  • Teknik Mesin
  • Transportasi

Kelengkapan Dokumen :

Surat lamaran dilengkapi dengan melampirkan dokumen sebagai berikut:
  • Daftar Riwayat Hidup sebagaimana format dalam Lampiran 1;
  • Pindai berwarna Kartu Tanda Penduduk (KTP);
  • Pindai berwarna Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP); 
  • Pindai ijazah terakhir yang dilegalisir;
  • Pas foto berwarna latar belakang merah dengan kapasitas berkas 500 Kb;
  • Pindai Sertifikat TOEFL dengan minimal skor 500 atau IELTS 6.0 yang dikeluarkan oleh institusi terakreditasi nasional yang berlaku paling lama 6 (enam) bulan sebelum tanggal pendaftaran;
  • Mengunggah Surat Pernyataan bersedia ditempatkan di wilayah penyelenggaraan organisasi Otorita Ibu Kota Nusantara yang ditandatangani di atas materai Rp.10.000,- sebagaimana format dalam Lampiran 2;
  • Mengunggah Surat Pernyataan Kebenaran Dokumen yang ditandatangani di atas materai Rp.10.000,- sebagaimana format dalam Lampiran 3;

Dapatkan informasi lowongan kerja setiap hari melalui LinkedIn, Follow


Cara Pendaftaran :
Bagi yang berminat untuk bergabung dan berkontribusi dengan Otorita Ibu Kota Nusantara dan telah memenuhi persyaratan yang disebutkan diatas, silakan memperhatikan tata cara pendaftaran dibawah ini. 
  • Seluruh berkas lamaran dikirim dalam format PDF dan hasil pindai berkas tersebut berkapasitas maksimal 10 MB untuk keseluruhan berkas;
  • Pendaftaran dilakukan secara online melalui tautan www.ikn.go.id/RekPPNPNOIKN 
  • Pendaftaran dibuka mulai tanggal 20 Februari 2023 sampai dengan tanggal 24 Februari 2023 jam 16.00 WIB;
  • Seluruh pengumuman dan perkembangan tahapan seleksi terbuka akan disampaikan melalui www.ikn.go.id untuk itu pelamar seleksi terbuka diharapkan aktif mengakses situs dimaksud;