Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penerimaan Tenaga Perorangan Satgas Stunting BKKBN Gorontalo Terbaru 2022

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) merupakan salah satu Lembaga Negara Non-Kementerian (LPNK) yang bertugas dalam upaya pengendalian penduduk dan mewujudkan program-program keluarga berencana. Dalam rangka menjalankan tugas-tugasnya, Presiden tidak hanya dibantu oleh Lembaga Negara Kementerian (LPK). Namun, juga dibantu oleh LPNK yang memiliki tugas dan fungsinya masing-masing. LPNK dibagi menjadi 31 badan, di antaranya yaitu Badan Intelijen Negara (BIN) dan BKKBN.

Logo Penerimaan Tenaga Perorangan Satgas Stunting BKKBN Gorontalo Terbaru 2022

Susunan organisasi BKKBN terdiri dari Kepala, Sekretaris Utama, Deputi Bidang Pengendalian Penduduk, Deputi Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi, Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga, Deputi Bidang Advokasi, Penggerakan, dan Informasi, Deputi Bidang Pelatihan Penelitian, dan Pengembangan, dan Inspektorat Utama. (www.tirto.id) 


Penerimaan Tenaga Perorangan Satgas Stunting BKKBN Gorontalo Terbaru 2022


Mengutip informasi dari akun Instagram (@bkkbn_gorontalo) pada (10/03/22) bahwa saat ini, sehubungan dengan pelaksanaan dukungan Satgas Stunting khususnya pada Sakter Perwakilan BKKBN Provinsi Gorontalo Tahun Anggaran 2022, BKKBN Gorontalo mengadakan Penerimaan Tenaga Perorangan dengan mengisi posisi-posisi berikut. 


Posisi :

  1. Koordinator Program Manajer (1 orang) 
  2. Program Manager Bidang Program Kegiatan (1 orang) 
  3. Program Manager Bidang Data, Pemantauan dan Evaluasi (1 orang) 
  4. Office Assistant (1 orang)
  5. Teknical Assistant Kabupaten/kota (4 orang) 


Kualifikasi Umum :
  • Bukan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan/atauAnggota TNI Polri yang masih aktif;
  • Bersedia bekerja secara penuh  5 hari kerja dalam seminggu (8 jam/hari) di kantor perwakilan BKKBN Provinsi Gorontalo;
  • Memiliki inisiatif penuh dalam bekerja;
  • Tidak menjadi anggota, pengurus partai politik atau terlibat politik praktis; dan
  • Sehat Jasmani dan rohani.


Kualifikasi Khusus :

1. Kordinator Program  Manajer

  • Pendidikan  formal  minimal  program  pendidikan Pasca Sarjana (S-2) pada bidang  antara  lain Pembangunan / Kebijakan Publik/ Kesehatan Masyarakat/Sosiologi/Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan Masyarakat atau bidang lain yang relevan dengan isu stunting.
  • Pengalaman kerja minimal 3 tahun diutamakan dibidang kesehatan dan gizi serta pemberdayaan masyarakat, dengan minat yang kuat pada kesehatan dan gizi ibu, remaja dan anak,dan  bidang  lain  yang relevan dengan isu Stunting.
  • Memiliki kemampuan dan  pengalaman dalam analisis data.

2. Program Manager Bidang Program dan kegiatan
  • Pendidikan formal  minimal  program  pendidikan Pasca Sarjana (S-2) pada  bidang antara  lain;  Studi Pembangunan/Kebijakan Publik/Kesehatan Masyarakat/ Sosiologi/ Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan Masyarakat atau bidang lain yang relevan dengan isu stunting.
  • Pengalaman kerja minimal 3 tahun dalam memberikan layanan konsultasi teknis, termasuk pengalaman praktis dalam menangani masalah desain dan implementasi kelembagaan.
  • Memiliki kemampuan dan  pengalaman dalam analisis data.


3. Program Manager Bidang Data, Evaluasi dan Pamantauan
  • Pendidikan formal  minimal  program  pendidikan Pasca Sarjana (S-2) pada  bidang antara  lain;  Studi Pembangunan/Kebijakan Publik/Kesehatan Masyarakat/ Sosiologi/ Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan Masyarakat/ data scientist atau bidang lain yang relevan  lain yang  relevan dengan isu stunting.
  • Pengalaman kerja minimal 3 tahun dalam  memberikan layanan konsultasi teknis, termasuk pengalaman praktis dalam menangani masalah data, pemantauan dan evaluasi program.
  • Memiliki kemampuan dan  pengalaman dalam analisis data.

4. Office Assistant
  • Pendidikan formal  minimal  program  Diploma 3 (D3)/pendidikan Sarjana (S-1)/  semua jurusan namun diutamakan dari bidang Administrasi Perkantoran.
  • Pengalaman kerja minimal 2 tahun diutamakan dibidang Pengelolaan program pemberdayaan masyarakat.
  • Terampil dalam mengoperasikan computer dan perangkat lunak office dan Internet.
  • Mampu bekerja dalam Tim ataupun sendiri.

5. Teknical Assistant Kabupaten/ kota
  • Pendidikan formal  minimal  program  pendidikan Sarjana (S-1) pada  bidang antara  lain; Studi Pembangunan/ Kebijakan Publik/Kesehatan Masyarakat/Sosiologi/Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan Masyarakat atau bidang lain yang relevan dengan isu stunting.
  • Pengalaman kerja minimal 3 tahun dalam bidang kesehatan dan gizi serta pemberdayaan masyarakat, dengan minat yang kuat pada kesehatan dan gizi ibu, remaja dan anak, terutama Stunting.
  • Memiliki kemampuan yang sangat baik dalam menganalisa masalah, mencari solusi dan merealisasikannya.


Uraian Pekerjaan :

1. Koordinator Program Manager

  • Memberikan dukungan substansi, teknis, dan administrasi kepada Ketua Pelaksana dalam hal penyelenggaraan percepatan penurunan stunting. 
  • Membantu Ketua Pelaksana dalam berkoordinasi dengan lintas K/L, Pemangku Kepentingan dan Mitra Pembangunan.
  • Memberikan arahan kepada tim Sekretariat Pelaksana.
  • Memberi arahan kepada Program Manager, Program Officer, Program Assistant, Tenaga ahli (TA) bidang substansi dan Tenaga ahli bidang teknis, dalam melaksanakan tugasnya. 
  • Memantau dan mengevaluasi Program Manager, Program Officer, Program Assistant, dan jajarannya secara berkala. 
  • Memberikan laporan secara berkala kepada Ketua Pelaksana. 


2. Program Manager  Bidang Program Kegiatan
  • Melakukan analisis kebijakan Percepatan Penurunan Stunting  di  wilayah kerjanya;
  • Melakukan analisis terhadap dokumen perencanaan daerah dalam Percepatan Penurunan Stunting;
  • Melakukan diseminasi rekomendasi kebijakan Percepatan Penurunan Stunting
  • Melakukan validasi terhadap pelaporan Technical  Assistant kabupaten/kota;
  • Memberikan bantuan teknis pengembangan kebijakan, program dan kegiatan kepada lembaga pelaksana dan pelaksana program Percepatan Penurunan Stunting di daerah

3. Program Manager  Bidang Data, Pemantauan dan Evaluasi
  • Identifikasi semua  data  yang  diperlukan dan memetakan system pendataan  yang  sudah dibangun  di setiap K/L dan dinas terkait, sebagai input dalam mendesain system pengelolaan data untuk memantau progress dan mengukur dampak percepatan pencegahan Stunting baik ditingkat nasional maupun daerah;
  • Mendesain metoda pengelolaan data agar dapat dikonsolidasi ditingkat nasional, untuk selanjutnya dianalisis dan disajikan dalam bentuk yang paling  tepat sebagai alat pemantauan progress kegiatan, referensi pengambilan keputusan, bahan evaluasi serta juga pembelajaran.
  • Mengendalikan pengumpulan  data  dan analisisnya,  dan melakukan tinjauan kinerja secara berkala untuk meningkatkan kapasitas untuk penyelesaian untuk meningkatkan  dialog  kebijakan strategis;
  • Melaksanakan analisis terhadap  hasil  evaluasi pelaksanaan kebijakan program  dan kegiatan Percepatan Penurunan Stunting;
  • Melaksanakan diseminasi,  rekomendasi,  dalam pelaksanaan kebijakan, program  dan kegiatan Percepatan Penurunan Stunting;

4. Office Assistant
  • Melaksanakan tugas adaminitrasi  (persuratan,  pengarsipan dan pendokumentasian pelaksanaan kegiatan satgas Stunting;
  • Menyiapkan kebutuhan administrasi kegiatan Satgas Stunting;
  • Berkomunikasi dengan pihak-pihak terkait di dalam maupun di luar Satgas Stunting;
  • Membantu tugas Satgas dalam menyusun perencanaan dan laporan kegiatan berkala;
  • Menyiapkan pertemuan-pertemuan atau aktivitas  yang  terkait dengan kebutuhan satgas mulai dari akomodasi, perjalanan, undangan,  kelengkapan dan hal teknis  agar  pelaksanaan kegiatan satgas berjalan dengan lancar;
  • Melakukan pendokumentasian pertemuan- pertemuan terkait dengan aktivitas Satgas Stunting.

5. Teknical Assistant Kabupaten/ Kota
  • Bertanggungjawab kepada Koordinator  Program  Manager;
  • Melakukan koordinasi yang intensif dan efektif dengan Koordinator  Program  Manager,  pemerintah daerah dan pemangku kepentingan  lain  di  tingkat kabupaten/kota dan desa/kelurahan;
  • Menyusun rencana kerja Satgas Stunting sehubungan dengan pelaksanaan tugas Satgas Stunting di wilayah kerjanya bersama;
  • Memimpin dan mengawasi pelaksanaan fasilitasi konsultasi,  fasilitasi dalam koordinasi, penyediaan dan pengelolaan  data  Stunting di tingkat Kabupaten/Kota, serta pelaksanaan  Audit  Kasus Stunting di wilayah kerjanya;
  • Mengendalikan,  memantau dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan Satgas Stunting di kabupaten/kota  yang  menjadi tanggung jawabnya;
  • Mengendalikan dan memastikan penyelesaian tugas-tugas  yang  ditentukan untuk meningkatkan  program  Percepatan Penurunan Stunting dan menghasilkan rekomendasi kebijakan.




Kelengkapan Berkas :
  • Memiliki Identitas  Kewarganegaraan  Indonesia, seperti Kartu  Tanda Penduduk (KTP)/Paspor/Surat Keterangan Domisili Tinggal
  • Memiliki NPWP
  • Ijazah
  • Daftar Riwayat Hidup/pengalaman pekerjaan


Cara Pendaftaran :

Bagi yang berminat untuk bergabung dan berkontribusi sebagai perwakilan BKKBN Provinsi Gorontalo dalam rangka pelaksanaan dukungan Satgas Stunting Tahun Anggaran 2022 dan telah memenuhi kualifikasi yang disebutkan diatas, silahkan kunjungi link dibawah ini untuk melakukan pendaftaran secara online.
https://bit.ly/3t09y2Z


Catatan :

Semua kelengkapan berkas dijadikan 1 (satu) file pdf dan diberi nama dengan format (Nama Peserta_Posisi yg dilamar)


Batas Pendaftaran :
Pendaftaran online dibuka sampai dengan tanggal 12 Maret 2022


Ketentuan :

  • Daftar calon kandidat  yang  terpilih akan dihubungi lebih lanjut  oleh  Pejabat pengadaan  pada  Satuan Kerja Perwakilan BKKBN Provinsi Gorontalo melalui telepon atau  email  untuk mengikuti tahap recruitmen selanjutnya.
  • Pengadaan ini merupakan pengadaan jasa lainnya Tahun Anggaran 2022.
  • Keputusan  panitia tidak dapat diganggu gugat. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Pejabat Pengadaan Satuan Kerja Perwakilan BKKBN Provinsi Gorontalo, melalui email watinengah.umbara@gmail.com

Semoga yang membaca maupun yang mendaftar rekrutmen/seleksi ini, semuanya diterima dan dilancarkan segala urusannya. Aamiin :)