Penerimaan Tenaga Perorangan Satgas Stunting BKKBN Gorontalo Terbaru 2022
Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) merupakan salah satu Lembaga Negara Non-Kementerian (LPNK) yang bertugas dalam upaya pengendalian penduduk dan mewujudkan program-program keluarga berencana. Dalam rangka menjalankan tugas-tugasnya, Presiden tidak hanya dibantu oleh Lembaga Negara Kementerian (LPK). Namun, juga dibantu oleh LPNK yang memiliki tugas dan fungsinya masing-masing. LPNK dibagi menjadi 31 badan, di antaranya yaitu Badan Intelijen Negara (BIN) dan BKKBN.
Susunan organisasi BKKBN terdiri dari Kepala, Sekretaris Utama, Deputi Bidang Pengendalian Penduduk, Deputi Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi, Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga, Deputi Bidang Advokasi, Penggerakan, dan Informasi, Deputi Bidang Pelatihan Penelitian, dan Pengembangan, dan Inspektorat Utama. (www.tirto.id)
Penerimaan Tenaga Perorangan Satgas Stunting BKKBN Gorontalo Terbaru 2022
Mengutip informasi dari akun Instagram (@bkkbn_gorontalo) pada (10/03/22) bahwa saat ini, sehubungan dengan pelaksanaan dukungan Satgas Stunting khususnya pada Sakter Perwakilan BKKBN Provinsi Gorontalo Tahun Anggaran 2022, BKKBN Gorontalo mengadakan Penerimaan Tenaga Perorangan dengan mengisi posisi-posisi berikut.
Posisi :
- Koordinator Program Manajer (1 orang)
- Program Manager Bidang Program Kegiatan (1 orang)
- Program Manager Bidang Data, Pemantauan dan Evaluasi (1 orang)
- Office Assistant (1 orang)
- Teknical Assistant Kabupaten/kota (4 orang)
- Bukan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan/atauAnggota TNI Polri yang masih aktif;
- Bersedia bekerja secara penuh 5 hari kerja dalam seminggu (8 jam/hari) di kantor perwakilan BKKBN Provinsi Gorontalo;
- Memiliki inisiatif penuh dalam bekerja;
- Tidak menjadi anggota, pengurus partai politik atau terlibat politik praktis; dan
- Sehat Jasmani dan rohani.
Kualifikasi Khusus :
1. Kordinator Program Manajer
- Pendidikan formal minimal program pendidikan Pasca Sarjana (S-2) pada bidang antara lain Pembangunan / Kebijakan Publik/ Kesehatan Masyarakat/Sosiologi/Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan Masyarakat atau bidang lain yang relevan dengan isu stunting.
- Pengalaman kerja minimal 3 tahun diutamakan dibidang kesehatan dan gizi serta pemberdayaan masyarakat, dengan minat yang kuat pada kesehatan dan gizi ibu, remaja dan anak,dan bidang lain yang relevan dengan isu Stunting.
- Memiliki kemampuan dan pengalaman dalam analisis data.
- Pendidikan formal minimal program pendidikan Pasca Sarjana (S-2) pada bidang antara lain; Studi Pembangunan/Kebijakan Publik/Kesehatan Masyarakat/ Sosiologi/ Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan Masyarakat atau bidang lain yang relevan dengan isu stunting.
- Pengalaman kerja minimal 3 tahun dalam memberikan layanan konsultasi teknis, termasuk pengalaman praktis dalam menangani masalah desain dan implementasi kelembagaan.
- Memiliki kemampuan dan pengalaman dalam analisis data.
- Pendidikan formal minimal program pendidikan Pasca Sarjana (S-2) pada bidang antara lain; Studi Pembangunan/Kebijakan Publik/Kesehatan Masyarakat/ Sosiologi/ Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan Masyarakat/ data scientist atau bidang lain yang relevan lain yang relevan dengan isu stunting.
- Pengalaman kerja minimal 3 tahun dalam memberikan layanan konsultasi teknis, termasuk pengalaman praktis dalam menangani masalah data, pemantauan dan evaluasi program.
- Memiliki kemampuan dan pengalaman dalam analisis data.
- Pendidikan formal minimal program Diploma 3 (D3)/pendidikan Sarjana (S-1)/ semua jurusan namun diutamakan dari bidang Administrasi Perkantoran.
- Pengalaman kerja minimal 2 tahun diutamakan dibidang Pengelolaan program pemberdayaan masyarakat.
- Terampil dalam mengoperasikan computer dan perangkat lunak office dan Internet.
- Mampu bekerja dalam Tim ataupun sendiri.
- Pendidikan formal minimal program pendidikan Sarjana (S-1) pada bidang antara lain; Studi Pembangunan/ Kebijakan Publik/Kesehatan Masyarakat/Sosiologi/Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan Masyarakat atau bidang lain yang relevan dengan isu stunting.
- Pengalaman kerja minimal 3 tahun dalam bidang kesehatan dan gizi serta pemberdayaan masyarakat, dengan minat yang kuat pada kesehatan dan gizi ibu, remaja dan anak, terutama Stunting.
- Memiliki kemampuan yang sangat baik dalam menganalisa masalah, mencari solusi dan merealisasikannya.
Uraian Pekerjaan :
- Memberikan dukungan substansi, teknis, dan administrasi kepada Ketua Pelaksana dalam hal penyelenggaraan percepatan penurunan stunting.
- Membantu Ketua Pelaksana dalam berkoordinasi dengan lintas K/L, Pemangku Kepentingan dan Mitra Pembangunan.
- Memberikan arahan kepada tim Sekretariat Pelaksana.
- Memberi arahan kepada Program Manager, Program Officer, Program Assistant, Tenaga ahli (TA) bidang substansi dan Tenaga ahli bidang teknis, dalam melaksanakan tugasnya.
- Memantau dan mengevaluasi Program Manager, Program Officer, Program Assistant, dan jajarannya secara berkala.
- Memberikan laporan secara berkala kepada Ketua Pelaksana.
- Melakukan analisis kebijakan Percepatan Penurunan Stunting di wilayah kerjanya;
- Melakukan analisis terhadap dokumen perencanaan daerah dalam Percepatan Penurunan Stunting;
- Melakukan diseminasi rekomendasi kebijakan Percepatan Penurunan Stunting
- Melakukan validasi terhadap pelaporan Technical Assistant kabupaten/kota;
- Memberikan bantuan teknis pengembangan kebijakan, program dan kegiatan kepada lembaga pelaksana dan pelaksana program Percepatan Penurunan Stunting di daerah
- Identifikasi semua data yang diperlukan dan memetakan system pendataan yang sudah dibangun di setiap K/L dan dinas terkait, sebagai input dalam mendesain system pengelolaan data untuk memantau progress dan mengukur dampak percepatan pencegahan Stunting baik ditingkat nasional maupun daerah;
- Mendesain metoda pengelolaan data agar dapat dikonsolidasi ditingkat nasional, untuk selanjutnya dianalisis dan disajikan dalam bentuk yang paling tepat sebagai alat pemantauan progress kegiatan, referensi pengambilan keputusan, bahan evaluasi serta juga pembelajaran.
- Mengendalikan pengumpulan data dan analisisnya, dan melakukan tinjauan kinerja secara berkala untuk meningkatkan kapasitas untuk penyelesaian untuk meningkatkan dialog kebijakan strategis;
- Melaksanakan analisis terhadap hasil evaluasi pelaksanaan kebijakan program dan kegiatan Percepatan Penurunan Stunting;
- Melaksanakan diseminasi, rekomendasi, dalam pelaksanaan kebijakan, program dan kegiatan Percepatan Penurunan Stunting;
- Melaksanakan tugas adaminitrasi (persuratan, pengarsipan dan pendokumentasian pelaksanaan kegiatan satgas Stunting;
- Menyiapkan kebutuhan administrasi kegiatan Satgas Stunting;
- Berkomunikasi dengan pihak-pihak terkait di dalam maupun di luar Satgas Stunting;
- Membantu tugas Satgas dalam menyusun perencanaan dan laporan kegiatan berkala;
- Menyiapkan pertemuan-pertemuan atau aktivitas yang terkait dengan kebutuhan satgas mulai dari akomodasi, perjalanan, undangan, kelengkapan dan hal teknis agar pelaksanaan kegiatan satgas berjalan dengan lancar;
- Melakukan pendokumentasian pertemuan- pertemuan terkait dengan aktivitas Satgas Stunting.
- Bertanggungjawab kepada Koordinator Program Manager;
- Melakukan koordinasi yang intensif dan efektif dengan Koordinator Program Manager, pemerintah daerah dan pemangku kepentingan lain di tingkat kabupaten/kota dan desa/kelurahan;
- Menyusun rencana kerja Satgas Stunting sehubungan dengan pelaksanaan tugas Satgas Stunting di wilayah kerjanya bersama;
- Memimpin dan mengawasi pelaksanaan fasilitasi konsultasi, fasilitasi dalam koordinasi, penyediaan dan pengelolaan data Stunting di tingkat Kabupaten/Kota, serta pelaksanaan Audit Kasus Stunting di wilayah kerjanya;
- Mengendalikan, memantau dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan Satgas Stunting di kabupaten/kota yang menjadi tanggung jawabnya;
- Mengendalikan dan memastikan penyelesaian tugas-tugas yang ditentukan untuk meningkatkan program Percepatan Penurunan Stunting dan menghasilkan rekomendasi kebijakan.
- Memiliki Identitas Kewarganegaraan Indonesia, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP)/Paspor/Surat Keterangan Domisili Tinggal
- Memiliki NPWP
- Ijazah
- Daftar Riwayat Hidup/pengalaman pekerjaan
Cara Pendaftaran :
Semua kelengkapan berkas dijadikan 1 (satu) file pdf dan diberi nama dengan format (Nama Peserta_Posisi yg dilamar)
Pendaftaran online dibuka sampai dengan tanggal 12 Maret 2022
Ketentuan :
- Daftar calon kandidat yang terpilih akan dihubungi lebih lanjut oleh Pejabat pengadaan pada Satuan Kerja Perwakilan BKKBN Provinsi Gorontalo melalui telepon atau email untuk mengikuti tahap recruitmen selanjutnya.
- Pengadaan ini merupakan pengadaan jasa lainnya Tahun Anggaran 2022.
- Keputusan panitia tidak dapat diganggu gugat. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Pejabat Pengadaan Satuan Kerja Perwakilan BKKBN Provinsi Gorontalo, melalui email watinengah.umbara@gmail.com
Semoga yang membaca maupun yang mendaftar rekrutmen/seleksi ini, semuanya diterima dan dilancarkan segala urusannya. Aamiin :)